Pantai di Jogja (Pantai Indrayanti di Gunung Kidul)


PAntai Indrayanti Gunungkidul, ialah salah satu tempat wisata pantai di Yogyakarta yang harus anda kunjungi dari Kabupaten Gunungkidul. Pantai Indrayanti, karena itu masyarakat lokal ataupun kalangan wisatawan menyebut pantai yang amat menakjubkan & romantis ini.

Sebutan pantai ini memang terdengar sedikit aneh, pasalnya namanya makin sama sebutan perempuan Jawa. Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan juga dengan destinasi terkenal lainnya di Gunungkidul Jogja, ibarat Pantai Baron & Pantai Krakal.
Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh dataran tinggi karang. Pantai Indarayati memperlihatkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul. Tidak hanya bentang pasir putih yang menggiurkan ataupun megahnya pegunungan batuan karang, jernihnya cairan laut yang tampak biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya.

Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah julukan pantai, melainkan julukan pemilik cafe & restoran. Berhubung gelar Indrayanti yang terpampang di papan julukan cafe & restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan gelar Pantai Pulang Syawal. Tetapi gelar Indrayanti jauh makin kondang & kian acapkali dibilang daripada Pulang Syawal. Keterlibatan sisi swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih & bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan menurut sembarangan. Karena itu Indrayanti Menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi lembah karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Kagak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, & cairan biru jernih yang seolah memanggil-manggil wisatawan buat menceburkan diri ke dalamnya, Pantai Indrayanti juga dilengkapi rumah makan & cafe serta kumpulan penginapan yang akan memanjakan wisatawan. Beraneka menu sejak dari hidangan laut sampai nasi goreng bisa di pesan di restoran yang menghadap ke pantai ini. Pada malam hari, gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai akan kelihatan indah sebab diterangi kerlip sinar lampu. Menikmati makan malam di cafe ini ditemani desau angin dan alunan debur ombak akan menjabat pengalaman romantis yang tak terlupakan.


Kenyamanan dan kebersihan yaitu misi pengelola buat menjaga agar kawasan wisata Pantai Indrayanti enggak tercemar. Sebuah kasus yang tidak dapat diragukan lagi saja patut diteladani oleh banyak kawasan wisata alam dan pantai di negara kita. Ini turut pula menumbuhkan & meningkatkan kesadaran diri para wisatawan untuk kagak hanya memuaskan ego wisata semata, tetapi ikut serta menjaga kebersihan alam.

Terimakasih..




0 Response to "Pantai di Jogja (Pantai Indrayanti di Gunung Kidul)"

Post a Comment